Presentasi

Ternyataa……

Kemampuan saya presentasi belum hilang. Padahal, sudah bertahun juga tidak melakukan presentasi sesuatu selama ini. Ngomel-ngomel di depan tetangga, waktu jadi pengurus RT tidak dihitung yah, karena itu jelas bukan presentasi, tapi ngomel.

Cuma, kemaren, malam Senin, 14 Maret 2021, lega juga kemampuan bernegosiasi dan memaparkan sesuatu tidak menguap. Masih ada juga yang tersisa.

Kemaren,, memang merupakan sebuah tantangan, melakukan presentasi hasil kerja membuat toko online dilakukan di depan pemesannya, seorang juragan sepatu yang kaya raya. Rumahnya saja ukuran 20 X 40 meter dan baru saja mengeluarkan biaya 1,3 milyar untuk uang DP ruko baru.

Tekanan juga karena uang pembayaran pembuatan sudah diterima. Kalau hasilnya mengecewakan mau ditaruh dimana muka saya.

Untungnya, hal itu tidak terjadi.

Hasil pemaparan dan mempertunjukkan toko online yang saya buat ternyata berjalan lancar. Pemesannya senang dan bahkan berniat meminta saya membantunya mengerjakan sistem stok bagi usahanya.

Berbagai pertanyaan yang diajukan berhasil dijelaskan dengan memuaskan. Ia senang sekali dengan hasilnya.

Memang, ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan, tetapi ia benar-benar puas dengan hasil karya saya itu. Padahal, itu baru pertama kali saya membuat website toko online.

Sempat khawatir juga karena selain sudah lama tidak melakukannya secara tatap muka, juga karena saya baru pertama kali membuat tokol.

Jeleknya, si Yayang pun saya ajak ikut dan hadir dalam pertemuan. Lebih buruknya lagi, sore sebelum berangkat, seorang fotografer pro teman saya pun datang dan akhirnya saya ajak ikut ke acara.

Kalau gagal, malunya bisa berlipat ganda.

Yang paling berat, selain kalau pemesannya kecewa, adalah kalau si Yayang sampai melihat suaminya gagal. Wadaawww… ampyuunn..

Untungnya, semua berjalan lancar.

Semua yang hadir merasa senang dan puas.

Saya lega.

Saya bahagia.

Lebih senang lagi adalah ketika si Yayang bercerita bahwa teman fotografer saya katanya sampai bengong, terkesima saat saya memaparkan dan bernegosiasi dengan klien.

Selama ini memang kami hanya berbincang soal fotografi dan ia mungkin tidak pernah menyangka saya seorang salesman dan bisa memaparkan seperti itu.

Bonus yang sangat menyenangkan.

Entah kenapa saya begitu lancar dan percaya diri, meski sudah lama tidak melakukannya. Mungkin karena memang secara naluri saya sudah terbiasa dan skill itu masih ada.

Meskipun demikian, saya pikir juga, mungkin karena ada si Yayang di sana. Dorongan untuk berhasil menjadi begitu kuat karena saya tidak ingin mengecewakan bukan hanya si pemesan, tetapi juga orang kesayangan saya itu.

Bukankah memang karena itulah saya menerima pesanan tokol itu?

Saya melakukannya demi dia dan si kribo, dan juga persiapan masa pensiun saya nanti.

Rasanya, sangat mungkin, di masa depan, kalau saya harus melakukan presentasi seperti itu lagi, saya akan mengajak si Yayang untuk ikut lagi.

Karena, saya pikir, dia akan selalu akan menghadirkan dorongan lebih dalam hati saya untuk terus berjuang dan berusaha yang terbaik.

9 thoughts on “Presentasi”

  1. Yaaay, ikutan senang dan terharu bacanya mas, hehehehe, finally yaaah ~

    Semoga ini jadi pintu pembuka untuk banyak kebaikan lain dalam hidup mas Anton 😍 Semakin lancar rejekinya, the power of Istri dan anak bahagia itu memang benar adanyaaa 😆 hehehe, Thanks for sharing yaa mas Anton 🥳

    Reply
  2. uda lama ga sowan sini…template uda beda ya mas anton…fontnya meuni imut pisan kalau dari henpon aku tapi tampulan templatenya okay

    kayaknya jiwa jiwa negosiasinya mas anton sama kek mas ku nih…jago betul dia kalau didapuk jadi negosiator wakakkaka…meski jabatan aslinya bukan itu sih tapi seringnya yang dikira bossnya itu si mas ku itu mas…bukannya pak boss hahhahaha..tapi memang bener sih kalau ngajak istri atau anak nemenin ayahnya kerja wes dijamin wibawa harus dijunjung tinggi, kalau sampai piye piye anak istri nyaksikeun yang ada pemimpin rumtang jadi agak agak down huhu…tapi keren mas! kusalut dengan portofolio tokol sepatu nya mudah mudahan projekan selanjutnya mengalir deras…btw tadi takpikir typo loh tulisan tokol itu.. e setelah takresapi ternyata tokol sama dengan toko online hahhahaha

    Reply
    • Wooaaa ada si Mbul nongol.. kemane aje Mbul (sekaligus nanya diri sendiri.. wkwkwk)

      Yah, eta pan dah biasa Mbul, anak buah lebih jago dari Bos dalam urusan beginian.. wkwkwkwk..

      Istri dan anak itu bensin buat banyak bapak Mbul tuk buat yang terbaik..Karena merekalah banyak bapak mau menderita.. wkwkwkwkwkwk

      Makasih Mbul dan dikau kemane aje baru tau istilah tokol.. hahahahaha…#sumpeh dulu gue juga bingung istilah itu sama

      Sehat selalu ya Mbul

      Reply
    • Nambah jawabannya

      – Template ga ganti Mbul, masih sama, cuma layoutnya sajah yang saya utak atik
      – masa sih Mbul..ini font udah 16 Px di desktop dan mobile.. bukan 12-13 lagi… tapi kok yah bisa imut di henponmu, mungkin si web tau kamu orangnya imut, jadi menyesuaikan diri dia.. wkwkwk

      Reply
  3. Saya sih percaya dengan kemampuan presentasi Pak Anton. Setidaknya bisa dilihat dari berbagai tulisan lama yang suka debat atau tulisan sekarang yang banyak berisi paparan. Yang baca pasti sedikit banyak terpengaruh dengan apa yang Pak Anton tulis.

    Tentu saja kemampuan bicara dan menulis itu berbeda. Tapi kan lumayan terlatih dengan sering mengomel di di kantor rt 😂😂. Yang pastinya sih, memang dulu sering presentasi ya, Pak, jadi mungkin sudah mendarah daging.

    Saya pribadi terakhir presentasi waktu masih kuliah. Itu pun kagok, apalagi kalo sekarang 😥

    Reply
    • Hola Nisa.. pekabar, sehat sehat kan?

      Yah, kerjaan saya sebagai marketing memang begitu Nisa. Presentasi. Cuma sejak beberapa tahun belakangan lebih banyak presentasi lewat email saja. Jarang melakukan presentasi tatap muka.

      Beda lah antara ngomel ke warga dengan presentasi 😀 😀 enakan ngomel wkwkwkwkkw

      O ya.. aah dikau kan presentasi setiap hari, presentasi ilmu. Guru ga mungkin ga presentasi, cuma sebutannya saja beda, yaitu ngajar.. wkwkwk

      Reply
  4. Ciieee prikitiew…🤣 🤣 🤣

    Orang Scorpio biasanya ia bakat didunia marketing, Dagang, Bisnis yang berhubungan dengan dagang dan sejenisnya…. Jadi mungkin dengan dikau mengerjakan web toko online sepatu ada kesempatan untuk ikut terjun didunia dagang atau jadi marketing pemasaran..😊😊

    Dan benar yang dirimu katakan kong untuk masa pensiun nanti memang perlu disiapkan semuanya.

    Tapi alhamdullilah semua berjalan lancar kong, Mungkin dirimu optimis serta konsisten semua karena ada siyayang disampingmu yang selalu setia apapun yang terjadi…Jadi gagal atau tidaknya dirimu saya rasa yayangmu tetap setia memberi semangat kepada dirimu.

    Lalu proyek bisnis yang dirimu jalani mungkin bisa menjadi sehati karena semua itu dirimu sukai, Dalam artian hobi sama hal yang disukai menjadi satu, Tentunya akan punya hasil yang luar biasa.😊😊

    Bisa juga proyek yang dirimu jalani masih ada hubungannya dengan dunia blogging, Dan edit mengedit. Jadi semangat itu selalu berkobar terus.😊😊

    Walau pada intinya semua itu dibarengi niat dan kemauan yang tulus dan serius, Ada harga ada rupa.😊😊

    Semangat dan sukses kong mantap 👍👍👏👏👏

    Reply
    • Makasih Kang Ustadz Satria..

      Itu bener banget loh karena saya sendiri merasa sudah menemukan bidang yang saya sukai. Jadilah kerasanya ngalir saja gitu. Biarpun kadang ada beban, tetapi yang ada rasa senang dan tertantang. Bukan beban.

      Bener banget, biarpun saya gagal waktu itu, yang ternyata tidak terjadi, si Yayang akan tetap bersama saya dan beri semangat. Dah dua puluh tahun dia begitu pan ngedukung ane terus..

      Moga sukses wat elu juga ya Kang Ustadz

      Reply

Leave a Comment